Minggu, 21 November 2010

RPP Keaksaraan Fungsional (KF)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


PENDIDIKAN NON FORMAL


KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2



PKBM MUTIARA SUKABAUMI

















TUTOR


BUHRIN,S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Membaca
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan)
Bulan : Juli Minggu Ke 2 dan Ke 4

Standar Kompetensi : Mampu membaca Kalimat sederhana (terdiri atas subjek,predikat,dan
objek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan Bahasa
Indonesia.
Kompetensi Dasar : Membaca Kalimat sederhana (terdiri atas sabjek,predikat,dan objek )
dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
Indikator : @ Membaca Huruf vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar.
@ Mengenal dan membaca suku kata yang terdiri atas sekurang-
kurangnya 2 huruf
@ Membaca kata yang terdiri atas sekurang-kurangnya 2 suku kata
@ Membaca Kalimat sederhana ( terdiri atas subjek,predikat,dan
Indonesia

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Membaca Huruf Vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar.
 Mengenal dan membaca suku kata yang terdiri ats sekurang-kurangnya 2 huruf
 Membaca kata yang sekurang-kurangnya 2 suku kata
 Membaca Kalimat sederhana (terdiri atas Subjek,Predikat,dan Objek)dengan Menggunakan Bahsa Indonesia

II.Materi Pembelajaran
Membaca Kalimat “ Ibu buat Bolu “

III.Metode
a) Diskusi
b) Kerja Kelompok
c) Penugasan
d) Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor Bertanya pada warga belajar siapa yang sudah bisa membuat bolu.

b. Kegiatan Inti
• Tutor Memasang Gambar “ Ibu Buat Bolu”
• Warga Belajar melafalkan kalimat “ Ibu Buat Bolu”
• Warga Belajar melafalkan kalimat “ Ibu Buat Bolu” berulang-ulang dengan dibimbing tutor.
• Tutor memisahkan kalimat “ Ibu Buat Bolu “ kata demi kata
• Warga belajar membaca penggalan Kalimat “ i-bu bu-at bo-lu “
• Tutor merangkai kembali huruf demi huruf dan memasang dibawah gambar.

c. Kegiatan Akhir
• Warga belajar membaca kalimat “ ibu buat bolu “ satu persatu secara bergilir
• Tutor membimbing warga belajar yang belum lancar membaca
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama membaca kalimat “ ibu buat bolu “


V. Alat dan Sumber Belajar
 Gambar “ Ibu Buat Bolu “
 Kertas Karton
 Gunting
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian
Tes Lisan Tentang
• Pengucapan/Pelafalan kalimat “ Ibu Buat Bolu “
• Kefasihan Bacaaan
• Makna Kata

Tes Perbuatan tentang
• Ketentuan Membaca yang tepat
• Memisahkan Kalimat “ Ibu Buat Bolu “ Kata-demi kata
• Memisahkan Kata huruf demi huruf.




Bandar Lampung, Juli 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Membaca
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 1 x Pertemuan)
Bulan : Agustus Minggu Ke 2
Standar Kompetensi : Mampu membaca Kalimat sederhana (terdiri atas subjek,predikat,dan
objek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan Bahasa
Indonesia.

Kompetensi Dasar : Membaca dan memahami petunjuk sederhana/pendek dengan meng-
gunakan Bahasa Indonesia.
Indikator : @ Membaca isi / pesan pada papan nama,arah,label,merek,poster
sederhana.

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Membaca dan memahami petunjuk sederhan/pendek dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

II.Materi Pembelajaran
Membaca Merek pada Bahan-Bahan dan alat Membuat Bolu

III.Metode
a.Diskusi
b.Kerja Kelompok
c.Penugasan
d.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
d. Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor Bertanya pada warga belajar siapa yang bisa membaca nama bahan-bahan dan alat Membuat bolu
e. Kegiatan Inti
• Tutor Bersama Warga Belajar membaca nama bahan-bahan dan alat Membuat bolu
• Warga Belajar memperagakan cara membaca nama bahan-bahan dan alat Membuat bolu
f. Kegiatan Akhir
• Warga Belajar menjodohkan kalimat dengan gambar pada bahan-bahan dan alat Membuat bolu
• Tutor membimbing warga belajar yang belum lancar membaca nama bahan-bahan dan alat Membuat bolu.
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama membaca nama bahan-bahan dan alat Membuat bolu


V. Sumber Belajar
 Gambar bahan-bahan dan alat Membuat bolu
 Kertas Karton
 bahan-bahan dan alat Membuat bolu
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian
Tes Lisan Tentang
• Pengucapan/Pelafalan Merek pada bahan-bahan dan alat Membuat bolu
• Kefasihan Bacaaan
• Makna Kata

Tes Perbuatan tentang
• Ketentuan Membaca yang tepat
• Memisahkan Kalimat Merek pada bahan-bahan dan alat Membuat bolu
Kata-demi kata
• Memisahkan Kata huruf demi huruf.




Bandar Lampung, Agustus 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Membaca
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 1 x Pertemuan)
Bulan : September Minggu Ke 2
Standar Kompetensi : Mampu membaca Kalimat sederhana (terdiri atas subjek,predikat,dan
objek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan Bahasa
Indonesia.
Kompetensi Dasar : Membaca angka 1 sampai 100 dengan menggunakan bahasa Indono-
nesia.
Indikator : @ Membaca lambang bilangan 1 sampai 10.
@ Membaca Lambang Bilangan 11-19
@ Membaca Lambang Bilangan 20-100

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Mampu membaca angka 1 sampai 100 demgan menggunakan Bahasa Indonesia

II.Materi Pembelajaran
Membaca Lambang Bilangan 1 sampai100

III.Metode
a.Diskusi
b.Kerja Kelompok
c.Penugasan
d.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor Menanyakan pada warga belajar ada berapa jumlah bahan-bahan membuat Bolu.
b.Kegiatan Inti
• Tutor Bersama Warga Belajar membaca lambang bilangan angka 1-10
• Tutor Bersama Warga Belajar membaca lambang bilangan angka 11-20
• Tutor Bersama Warga Belajar membaca lambang bilangan angka 20-100
• Warga Belajar memperagakan cara membaca angka 1-10,11-20,20-100
c.Kegiatan Akhir
• Warga Belajar menjodohkan angka dengan nama lambang bilangannya
• Tutor membimbing warga belajar yang belum lancar membaca lambang bilangan 1-100
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama membaca nama lambang bilangan 1-100

V. Sumber Belajar
 Angka
 Kertas Karton
 bahan-bahan dan alat Membuat bolu
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian
Tes Lisan Tentang
• Pengucapan/Pelafalan nama lambang bilangan
• Kefasihan Bacaaan
• Makna Kata

Tes Perbuatan tentang
• Ketentuan Membaca yang tepat
• Memisahkan Kalimat nama bilangan 1-100 kata-demi kata
• Memisahkan Kata huruf demi huruf.




Bandar Lampung, September 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Menulis
Pertemuan Ke : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan)
Bulan : September Minggu Ke 4 dan Oktober Minggu ke 1
Standar Kompetensi : Mampu menulis kalimat sederhana (terdiri atas subjek,predikat,dan
Objek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan Bahasa
Indonesia.
Kompetensi Dasar : Menulis Kalimat sederhana (terdiri atas subjek,Predikat dan Objek)
Dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
Indikator : @ Menulis huruf vokal dan konsonan dengan lancar.
@ Menulis kata yang terdiri atas sekurang-kurangnya 2 suku kata.
@ Menulis Kalimat sederhana sekurang-kurangnya 7 kata dengan
Menggunakan Bahasa Indonesia yang benar.

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Mampu menulis huruf vokal dan konsonan dengan lancar
 Mampu menulis suku kata yang terdiri atas sekurang-kurangnya 2 huruf
 Mampu menulis kata yang terdiri atas sekurang-kurangnya 2 suku kata
 Praktik menulis kalimat sederhana dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang benar.

II.Materi Pembelajaran
Menulis Kalimat “ Ibu Buat Bolu “

III.Metode
a. Penugasan
b.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
g. Kegiatan Inti
• Tutor Memasang Gambar “ Ibu Buat Bolu”
• Warga Belajar menulis kalimat “ Ibu Buat Bolu”
• Warga Belajar menulis kalimat “ Ibu Buat Bolu” berulang-ulang dengan dibimbing tutor.
• Tutor memisahkan kalimat “ Ibu Buat Bolu “ kata demi kata
• Warga belajar menulis penggalan Kalimat “ i-bu be-li bo-lu “
• Tutor merangkai kembali huruf demi huruf dan memasang dibawah gambar.

h. Kegiatan Akhir
• Warga belajar menulis kalimat “ ibu buat bolu “ satu persatu secara bergilir
• Tutor membimbing warga belajar yang belum lancar menulis
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama menulis kalimat “ ibu buat bolu “


V. Sumber Belajar
 Gambar “ Ibu Buat Bolu “
 Kertas Karton
 Gunting
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian
Tes tertulis Tentang
• penulisan “ Ibu Buat Bolu “
• Kesesuaian penulisan huruf dengan kalimatnya

Tes Perbuatan tentang
• Ketentuan menulis yang tepat
• Memisahkan Kalimat “ Ibu Buat Bolu “ Kata-demi kata
• Memisahkan Kata huruf demi huruf.




Bandar Lampung, September 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Menulis
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 1 x Pertemuan)
Bulan : Oktober Minggu Ke 2
Standar Kompetensi : Mampu menulis Kalimat sederhana (terdiri atas subjek,predikat,dan
objek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan Bahasa
Indonesia.

Kompetensi Dasar : Menulis identitas diri dan alamat
Indikator : @ Menulis nama,usia,tempat lahir,dan tanggal lahir
@ Menulis nama jalan,nomor rumah,RT/RW,nama desa,nama keca-
Matan,kabupaten/ kota.

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Menulis nama,usia,tempat lahir,dan tanggal lahir.
 Menulis nama jalan,nomor rumah,RT/RW,nama desa,nama kecamatan,kabupaten/kota.

II.Materi Pembelajaran
Menulis identitas diri dan alamat

III.Metode
a.Diskusi
b.Penugasan
c.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor Bertanya pada warga belajar nama,usia,dan tempat tanggal lahir salah satu warga belajar.
b.Kegiatan Inti
• Tutor Bersama Warga Belajar menulis nama,usia,dan tempat tanggal lahir salah satu warga belajar.
• Warga Belajar menulis nama,usia,dan tempat tanggal lahir nya masing-masing.
• Tutor membimbing warga belajar yang belum lancar menulis nama,usia,dan tempat tanggal lahir nya masing-masing.

c.Kegiatan Akhir
• Warga Belajar Mengisi formulir sederhana (nama,alamat,umur,anggota keluarga)

V. Alat dan Sumber Belajar
 Spidol
 Papan tulis
 Formulir sederhana








VI. Penilaian
Tes tertulis Tentang
• Menulis nama,usia,dan tempat tanggal lahir nya masing-masing.






Bandar Lampung, Oktober 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd









































PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Menulis
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 1 x Pertemuan)
Bulan : Oktober Minggu Ke 4
Standar Kompetensi : Mampu menulis Kalimat sederhana (terdiri atas subjek,predikat,dan
objek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan Bahasa
Indonesia.
Kompetensi Dasar : Membaca angka 1 sampai 100 dengan menggunakan bahasa Indono-
nesia.
Indikator : @ Menulis lambang bilangan 1 sampai 10.
@ Menulis Lambang Bilangan 11-19
@ Menulis Lambang Bilangan 20-100

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Menulis angka 1 sampai 100 demgan menggunakan Bahasa Indonesia

II.Materi Pembelajaran
Membaca Lambang Bilangan 1 sampai100

III.Metode
a.Diskusi
b.Kerja Kelompok
c.Penugasan
d.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor Menanyakan pada warga belajar ada berapa jumlah bahan-bahan membuat Bolu dan menuliskannya di papan tulis.
b.Kegiatan Inti
• Tutor Bersama Warga Belajar menulis lambang bilangan angka 1-10
• Tutor Bersama Warga Belajar menulis lambang bilangan angka 11-20
• Tutor Bersama Warga Belajar menulis lambang bilangan angka 20-100
• Warga Belajar memperagakan cara menulis angka 1-10,11-20,20-100
c.Kegiatan Akhir
• Warga Belajar menjodohkan angka dengan nama lambang bilangannya
• Tutor membimbing warga belajar yang belum lancar membaca lambang bilangan 1-100
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama membaca nama lambang bilangan 1-100

V. Sumber Belajar
 Angka
 Kertas Karton
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian
Tes tertulis
• Penulisan nama lambang bilangan yang benar

Tes Perbuatan tentang
• Ketentuan menulis yang tepat
• Menuliskan dengan cara misahkan kalimat nama bilangan 1-100 kata-demi kata
• Menuliskan dengan cara memisahkan Kata huruf demi huruf.




Bandar Lampung, Oktober 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd












































PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Berhitung
Pertemuan Ke : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan)
Bulan : November Minggu Ke 2 dan Ke 4
Standar Kompetensi : Mampu melakukan perhitungan penjumlahan dan pengurangan dari
Angka 1-100
Kompetensi Dasar : Mengenal angka 1 sampai 100
Indikator : @ Menghitung banyak objek secara berurutan dari 1-100
@ Membandingkan dua kumpulan objek hitung,menyatakan dalam
Istilah lebih banyak,lebih sedikit,atau sama banyak.
@ Mengurutkan lambang bilangan yang terdiri atas 2 angka dari ter-
Kecil atau terbesar.
@ Menyusun banyak objek ( benda atau gambar) dari terkecil hingga
Terbesar atau sebaliknya.

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Menghitung ( Mencacah) banyak objek (benda gambar dll) secara berurutan (angka 1-100)
 Membandingkan dua kumpulan objek hitung menyatakan dalam istilah lebih banyak,lebih
Sedikit atau sama banyak.
 Mengurutkan lambang bilangan yang terdiri atas 2 angka dari terkecil atau terbesar.
 Menyusun banyak objek (benda atau gambar) dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya.

II.Materi Pembelajaran
Menghitung Lambang Bilangan 1 sampai100

III.Metode
a.Kerja Kelompok
b.Penugasan
c.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor Menanyakan pada warga belajar ada berapa jumlah bahan-bahan membuat Bolu dan menuliskannya di papan tulis.
b.Kegiatan Inti
• Tutor Bersama Warga Belajar menghitung lambang bilangan angka 1-10
• Tutor Bersama Warga Belajar menghitung lambang bilangan angka 11-20
• Tutor Bersama Warga Belajar menghitung lambang bilangan angka 20-100
c.Kegiatan Akhir
• Warga Belajar menghitung angka 1-100
• Tutor membimbing warga belajar yang belum menghitung bilangan 1-100
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama menghitung bilangan 1-100

V. Sumber Belajar
 Angka
 Kertas Karton
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian
Tes tertulis
• Menghitung angka 1-100 yang benar

Tes Perbuatan tentang
• Menghitung angka 1-100 yang benar
• Menghitung yang cepat angka 1-100



Bandar Lampung, November 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd











































PENDIDIKAN NON FORMAL
KEAKSARAAN FUNGSIONAL ( KF ) SEJAHTERA 2
PKBM MUTIARA SUKABAUMI


Mata Pelajaran : Berkomunikasi
Pertemuan Ke : 10 dan 11
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan)
Bulan : Desember Minggu Ke 2 dan Minggu ke 4
Standar Kompetensi : Mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa
Daerah secara lisan.
Kompetensi Dasar : Berkomunikasi menggunakan Bahasa Daerah dan Bahasa Indonesia
Secara lisan.
Indikator : @ Menjawab pertanyaan dengan benar menggunakan bahasa daerah
Dan bahasa indonesia terkait dengan cara membuat Bolu.
@ Mengajukan pertanyaan dengan benar menggunakan Bahasa
Daerah dan Bahasa Indonesia secara lisan terkait dengan cara
Membuat Bolu.
@ Bertanya jawab tentang cara membuat Bolu menggunakan Bahasa
Daerah dan Bahasa Indonesia secara lisan.

I.Tujuan Pembelajaran
Agar Warga Belajar dapat :
 Menjawab pertanyaan dengan benar menggunakan bahasa daerah dan bahasa indonesia secara lisan terkait dengan cara membuat Kue Bolu.
 Mengajukan Pertanyaan dengan benar menggunakan bahasa daerah dan bahasa indonesia secara lisan terkait dengan masalah pembuatan Kue Bolu.
 Bertanya jawab tentang cara pembuatan kue Bolu menggunakan bahasa daerah dan bahasa indonesia secara lisan.

II.Materi Pembelajaran
Berkomunikasi terkait dengan masalah pembuatan Kue Bolu

III.Metode
a.Ceramah
b.Tanya Jawab

IV.Langkah-langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
• Mengucapkan Salam
• Apersepsi : Tutor melakukan tanya jawab tentang cara pembuatan Kue Bolu
b.Kegiatan Inti
• Tutor bertanya pada warga belajar urutan cara membuat kue bolu
• Warga Belajar menjawab pertanyaan tutor seputar cara pembuatan kue bolu
c.Kegiatan Akhir
• Warga belajar menanyakan dan menjawab cara pembuatan kue bolu yang di bimbing oleh tutor
• Tutor bersama warga belajar bersama-sama berdiskusi dan memperaktekan pembuatan kue bolu.

V. Sumber Belajar
 Buku resep membuat kue
 Kertas Karton
 Spidol
 Perekat

VI. Penilaian


Tes Perbuatan tentang
• Membuat Kue Bolu




Bandar Lampung, Desember 2010



Penyelenggara Tutor




Dian Widiyasari,S.Pd Buhrin,S.Pd

Tidak ada komentar:

Selamat Datang

Selamat Datang
Assalamu Alaikum Warohmatullah Hibarokatu

Fish